SELAMAT DATANG ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI.......

Minggu, 28 November 2010

KEKUATAN PIKIRAN


KEKUATAN PIKIRAN (BRAIN POWER)
by Sudiartono

         Anda tidak puas dengan hasil yang anda capai sekarang? Atau anda 'merasa' sudah maksimum berusaha meningkatkan kemampuan  anda, namun hasilnya menurut anda tidak memadai? Atau anda merasa kemampuan pikir anda sudah menurun karena sudah bertambah umur anda ?
         Agus Sunarjo seorang ahli di bidang NLP (Neuro Linguistik Programme) mengatakan di dalam kasetnya sesuai dengan judul di atas bahwa manusia rata-rata memanfaatkan potensi otaknya hanya 1%. Dan angka maksimum yang tercatat hanya 4% dari kemampuan otaknya. Berarti lebih dari 96% kemampuan otak kita tidak kita manfaatkan dengan baik ! Padahal sering sekali kita merasa seolah-olah sudah berpikir keras dan berusaha memikirkannya semaksimal mungkin dan ujung-ujungnya kita bilang, sudah mentok nggak bisa lagi. Alasan yang sering kita kemukakan, sudah usia bertambah tua, sudah susah diajak mikir, nggak ada waktu untuk menambah pendidikan atau pengetahuan atau ilmu baru. Jadi mana yang betul ?
       Apakah kita memang sudah mentok, ataukah benar-benar baru 1% kemampuan otak yang kita gunakan ? Sekali lagi Agus Sunarjo menyampaikan bahwa kadang kita membuat batasan  terhadap diri sendiri. Dan kita kadang kurang mengembangkan kemampuan otak belahan kanan atau bahkan mengabaikannya. Perlu dikemukakan bahwa belahan otak kanan digunakan untuk hal-hal seperti abstraktif, imajinatif, kreatifitas sedangkan belahan otak kiri lebih digunakan untuk hal-hal seperti analitik, matematik dan sebagainya. Disarankan belahan otak kanan juga perlu dikembangkan seimbang dengan pengembangan kemampuan otak kiri, sehingga potensi otak kita dapat dimanfaatkan lebih optimal. Dan secara fisik ternyata mekanisme otak kita bekerja, yaitu cara sel-sel neuron di otak kita saling berhubungan satu dengan lainnya, ditentukan oleh seberapa banyak kita menggunakan atau melatih otak. Semakin dilatih otak kita, maka kemampuan berpikir kita akan semakin kuat dan tentunya sebaliknya. Jadi kalau kita menggunakan kemampuan otak kita untuk berimajinasi positif, artinya kita diminta untuk lebih berpikir ke hal-hal 'apa yang kita inginkan' dan bukan 'apa yang tidak kita inginkan' maka hasilnya akan ke arah yang kita inginkan. Karena siapa diri kita akan ditentukan oleh sikap dan perilaku kita. Dimana sikap dan perilaku kita ditentukan oleh cara berpikir kita. Jadi kalau kita TIDAK PUAS dengan apa yang kita capai sekarang ini, kita perlu merubah 'cara berpikir' kita. Dengan demikian akan merubah sikap dan perilaku kita, Dan akhirnya akan diperoleh hasil yang berbeda yang menentukan siapa diri kita. Dikatakan : kalau kita menanam pohon jeruk, jangan berharap buah apel yang kita panen. 
      (Lebih jauh bisa disimak di kaset 'Brain Power' Agus Sunarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar